GEDUNG JUANG PALU

Keistimewaan Gedung Juang ini terletak pada arsitektur bangunan yang khas, pintu dan jendela yang besar serta tata ruang yang bergaya khas Belanda membuat gedung ini terlihat unik dan istimewa, beberapa foto para Pahlawan dan Presiden Republik Indonesia sebelumnya  terpampang di dalam ruangan ini.

Gedung juang ini menjadi saksi bisu perjalanan sejarah indonesia di tanah Kaili, Sulawesi Tengah. Ditempat inilah para Kolonial Belanda berkantor, menjajah, merundingkan, memutuskan, dan menyerahkan kembali kemerdekaan kepada rakyat di Sulawesi Tengah.

Bangunan yang terletak di jalan Cempaka Kelurahan Lolu Utara Kota Palu ini, dibangun pertama kalinya pada bulan November 1905, digunakan sebagai kantor pengawas sub.wilayah oleh pemerintah kolonial belanda. Momen bersejarah dari gedung ini ketika dilakukan serah terima kedaulatan dari Belanda kepada rakyat pada 16 mei 1950.

Didalam Gedung Juang juga akan dengan mudah kita jumpai foto-foto kolonial belanda yang dulunya menghuni tempat ini serta gambaran Kota Palu ditahun 1930an. Kursi, Lemari dan barang-barang peninggalan belanda lainnya juga masih disimpan dengan rapih sehingga pengunjung masih dapat melihat ukiran sejarah yang terdapat di gedung yang telah beralih fungsi sebagai kantor pemerintahan ini.

 

 

GEDUNG JUANG PALU
Scroll to top