SOU RAJA/BANUA OGE (ISTANA RAJA PALU)

Souraja ini merupakan sisa-sisa bangunan peninggalan Kerajaan Palu waktu itu yang dibangun oleh Raja Palu yang kepemilikannya selalu berganti . Souraja adalah Istana Raja Palu, karena sejak didirikannya bangunan ini ditempati oleh Raja-Raja Palu dan keluarganya silih berganti oleh keluarganya. Kepemilikan bangunan ini pun berlaku secara turun-temurun.

Bangunan Sou Raja dibangun pertama kali pada abad ke-19 Masehi, sehingga ia merupakan bangunan cagar alam yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah. Tidak ada yang diubah sedikit pun dari bangunan tersebut, sehingga sebagai pengunjung Anda akan mendapati bangunan yang sama dengan bangunan Souraja yang dulu.

Fungsi dari pembangunan Sou Raja adalah tempat tinggal keluarga kerajaan, yakni Raja dan keluarga dekatnya. Karena berfungsi sebagai tempat tinggal, ia juga memiliki fungsi sebagai pusat kerajaan. Inilah kenapa di sekitar Souraja, dulunya cukup ramai sebagai tempat beraktivitas masyarakat.

Pada pemerintahan kolonalisme Jepang, tempat ini beralih fungsi sebagai kantor pemerintahan Jepang. Hal tersebut terjadi pada tahun 1942 – 1945, Sou Raja tidak bisa ditinggali oleh bangsawan dan keluarga Raja. Kemudian di tahun 1958, rumah ini beralih fungsi sebagai markas dan asrama Tentara Nasional Indonesia.

SOU RAJA/BANUA OGE (ISTANA RAJA PALU)
Scroll to top